Jumat, 25 September 2020

CONTOH SEJARAH SEBAGAI ILMU, PERISTIWA, KISAH DAN SENI

             CONTOH  SEJARAH SEBAGAI ILMU, PERISTIWA, KISAH DAN SENI

BY. HARNAC FH


A.CONTOH SEJARAH SEBAGAI ILMU

ciri-ciri sejarah sebagai ilmu terdiri dari empiris/nyata, objektif, generalisasi, metode ilmiah dan sistematis. Jadi dari ciri-ciri tersebut bisa kita lihat beberapa contoh sejarah sebagai ilmu tersebut seperti dibawah ini:

1. Teori Masuknya Hindu Budha ke Indonesia

Contoh sejarah sebagai ilmu yang pertama yaitu mengenai teori masuknya agama dan kebudayaan Hindu Budha ke Indonesia. Berdasarkan referensi yang ada, banyak sekali teori yang membahas mengenai masuknya hindu Budha ke Indonesia termasuk teori 4 teori yang cukup terkenal yakni brahmana, kesatria, waisya dan sudra.

Masing-masing teori memiliki bukti dan dikaji secara ilmiah dan sistematis, oleh karena itu termasuk ke dalam contoh sejarah sebagai ilmu. 

2. Teori Masuknya Islam ke Indonesia

Seperti pada contoh yang pertama, terdapat beberapa pendapat mengenai masuknya agama dan kebudayaan Islam di Indonesia. Contohnya, teori gujarat. Teori tersebut menjelaskan bahwa agama Islam yang ada di Indonesia merupakan berasal dari Gujarat.


Teori lain juga memiliki pendapat yang berbeda-beda, masing-masing memiliki bukti yang kuat mengenai teori yang dianut. Oleh karena itu, teori sejarah masuknya Islam di Indonesia termasuk contoh sejarah sebagai ilmu.


3. Teori Nusantara (asal usul nenek moyang bangsa Indonesia)

Teori ini menjelaskan bahwa asal usul nenek moyang bangsa Indonesia merupakan berasal dari Nusantara atau bisa disebut tidak berasal dari luar nusantara. Teori ini dibuktikan dengan beberapa bukti yang kuat yakni mengenai kondisi geografis, persebaran manusia dan migrasi bahasa. Oleh sebab itu, teori nusantara yang mengkaji sejarah asal usul nenek moyang bangsa Indonesia termasuk contoh sejarah sebagai limu.

4. Teori Yunan (asal usul nenek moyang Indonesia)

Contoh sejarah sebagai ilmu yang ke empat adalah teori yunan yang sama halnya dengan teori nusantara, teori ini menjelaskan mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia. Teori ini berpendapat bahwa asal usul nenek moyang bangsa Indonesia adalah berasal dari Cina Selatan, lebih tepatnya Yunan. Beberapa bukti kuat yang berhasil ditemukan membuat teori ini termasuk kedalam contoh sejarah sebagai ilmu.

B.CONTOH SEJARAH SEBAGAI PERISTIWA

Sejarah sebagai peristiwa memiliki dua cir-ciri utama yang harus dimiliki, yakni objektif dan empiris. Dan Sejarah sebagai peristiwa bisa terjadi pada zaman pra aksara sampai zaman kemerdekaan Indonesia, asalkan peristiwa sejarah tersebut memiliki bukti dan fakta yang nyata. Dari ciri diatas bisa dilihat contoh sejarah sebagai peristiwa seperti :

1. Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Sejarah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia merupakan sebuah peristiwa yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Siapa sih yang tak pernah mendengar/membaca mengenai sejarah Proklamasi kemerdekaan Indonesia. Secara singkat, proklamasi kemerdekaan merupakan sebuah peristiwa ketika Ir Soekarno membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, sehingga setelah pembacaan tersebut Indonesia menjadi negara yang merdeka.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan salah satu contoh dari sejarah sebagai peristiwa, hal ini karena ada bukti dan fakta yang nyata. Bukti dan fakta mengenai peristiwa ini yaitu berupa rekaman, kesaksian langsung dan teks proklamasi yang asli.

2. Peristiwa Pertempuran Ambarawa

Sejarah peristiwa pertempuran Ambarawa adalah pertempuran yang terjadi pada tanggal 20 Oktober 1945  antara pejuang Indonesia dengan pasukan militer Sekutu (Inggris). Peristiwa pertempuran yang terjadi di Ambarawa bertujuan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Pertempuran Ambarawa merupakan salah satu contoh sejarah sebagai peristiwa karena peristiwa ini benar-benar nyata dan dapat dibuktikan melalui fakta yang jelas. Dan sebagai peringatan pertempuran tesebut didirikan sebuah monumen. Dan tanggal terjadi peristiwa dijadikan sebagai hari infanteri

3. Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api

Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa pembakaran kota Bandung yang dilakukan oleh para pejuang Indonesia pada bulan Maret 1946, pembakaran dilakukan dengan tujuan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Masyarakat dan para pejuang pada saat itu membakar kota Bandung karena pihak sekutu memerintahkan agar kota Bandung segera dikosongkan.

Untuk mencegah kota Bandung dijadikan sebagai markas pasukan sekutu, maka kota ini kemudian dibakar dan ditinggalkan. Sama seperti peristiwa sebelumnya, peristiwa Bandung Lautan Api dapat dikategorikan sebagai contoh sejarah sebagai peristiwa karena benar-benar terjadi dan memiliki bukti yang nyata.

C.CONTOH SEJARAH SEBAGAI KISAH

Sejarah sebagai kisah memiliki 2 ciri-ciri utama yaitu belum tentu empiris dan subjektif. Belum tentu empiris artinya sebuah kejadian atau peristiwa yang diceritakan bisa jadi hanya sebuah kisah yang di rekayasa dan belum pernah terjadi. Sementara subjektif artinya kejadian atau peristiwa sejarah hanya sebuah cerita yang diceritakan melalui sebuah ingatan. Berikut ini beberapa contoh sejarah sebagai kisah dilihat dari ciri – ciri nya yang masih melegenda di Indonesia tanpa bukti yang akurat.

beberapa contoh sejarah dikatakan sebagai kisah. Antara lain meliputi :

1. Kisah Nyi Roro Kidul

Kisah Nyi Roro Kidul merupakan salah satu contoh sejarah sebagai kisah. Kisah ini bercerita tentang adanya sebuah penguasa bangsa Jin yang lokasinya berada di wilayah laut selatan Pulau Jawa yaitu bernama Nyi Roro Kidul.

\Kisah mengenai penguasa laut selatan ini banyak sekali versinya, tergantung dari sudut pandang penulisnya. Konon katanya, keberadaan penguasa tersebut ada kaitannya dengan penguasa dari Kerajaan Mataram hal ini dikuatkan dengan sumber yang ada di dalam babad Jawi.

 

2. Kisah Ken Arok

Siapa yang tak pernah mendengar tentang kisah Ken Arok dan Ken Dedes? kebanyakan orang pasti pernah mendengar kisah ini. Ken Arok merupakan pendiri kerajaan Singasari, ia mendirikan kerajaan ini dengan melakukan pembunuhan terhadap Tunggul Ametung dengan keris yang sangat melegenda, yaitu "Keris Mpu Gandring".

Setelah ia membunuh  Tunggul Ametung, ia kemudian menikahi istrinya tersebut yang bernama Ken Dedes. Kisah Ken Arok termasuk dalam contoh sejarah sebagai kisah.

 

3. Kisah Ratu Sima


Contoh sejarah kisah yang terakhir yaitu sejarah kisah tentang kekuasaan yang jujur dan bijaksana dari ratu sima (raja kerajaan kalingga). Ia merupakan ratu yang sangat tegas dalam menjalankan hukum di kerajaan tersebut. Hukum yang tegas dilakukan agar segala macam kejahatan dapat di musnahkan, hal ini untuk membuat masyarakat yang jujur. Konon ceritanya, suatu ketika ada raja dari luar/asing mengetahui peraturan yang ditetapkan oleh Ratu Sima, ia kemudian mengetes kebijaksanaan dan hukum yang berlaku di kerajaan tersebut.

Raja dari luar tersebut meletakkan sebuah kantung berisi emas di dekat pusat kerajaan kalingga, ia sengaja meletakannya untuk mengetahui kebenaran tentang kejujuran rakyat kalingga. Setelah 3 tahun kantung tersebut ternyata masih utuh dan tidak ada yang berani memegangnya. Namun kemudian suatu hari seorang pangeran yang merupakan anak dari Ratu Sima tanpa sengaja menyentuh kantung tersebut dengan kakinya.

Ratu Sima kemudian menjatuhi putranya dengan hukuman mati. Tetapi setelah mendapat masukan dari para petinggi kerajaan, hukuman kepada pangeran tersebut diringankan dengan hanya memotong kaki pangeran yang menginjak kantung berisi emas. 

Kebenaran dari kisah ini tentu masih menjadi pertanyaan sampai sekarang, kisah ini merupakan salah satu contoh dari sejarah sebagai kisah.


D.CONTOH SEJARAH SEBAGAI SENI

Ciri-ciri sejarah sebagai seni ada empat, yakni intuisi, emosi, imajinasi dan gaya bahasa. Dari ciri tersebut dapat diambil Contoh Sejarah Sebagai Seni sebagai berikut:

1. Tarian Tradisional

Contoh pertama sejarah sebagai seni adalah tarian tradisional. Jika kita amati secara teliti, nilai yang terkandung dalam tarian tradisional / tarian adat tidak hanya sebagai hiburan atau kesenian saja, tetapi ada unsur sejarah didalamnya. Dalam tarian tradisional yang biasa kita lihat, terkandung unsur-unsur emosi, imajinasi, intuisi dan gaya bahasa.

 2. Seni Patung

Contoh sejarah sebagai seni yang kedua yakni seni patung. Beberapa peninggalan sejarah yang ada di Indonesia dibuat dengan perwujudan patung. Patung tersebut memiliki keindahan dalam bentuknya, tetapi didalamnya juga terkandung unsur-unsur sejarah. Oleh karena itu patung termasuk kedalam contoh sejarah sebagai seni.

3. Seni Pahat

Seni pahat merupakan salah satu contoh dari sejarah sebagai seni. Seni pahat bisa kita jumpai pada beberapa peninggalan sejarah yang berupa candi-candi maupun arca. Seni pahat dibuat dalam bentuk tiga dimensi biasanya berupa relief-relief gambar hewan maupun lainnya. Untuk mempelajari dan menelitinya dibutuhkan imajinasi dan emosi di dalamnya.

4. Seni Arsitektur

Seni Arsitektur merupakan contoh sejarah sebagai seni . Seni arsitektur terdiri dari candi, keraton, benteng, rumah adat, dan bangunan keagamaan lain. Bangunan tersebut memiliki nilai seni, sehingga kita membutuhkan imajinasi dan emosi untuk mengamati dan meneliti mengenai fungsi dan kegunaan bangunan seni arsitektur tersebut. 

5. Seni sastra

Seni sastra merupakan contoh sejarah sebagai seni yang didalam nya terdapat tulisan dengan adanya gaya bahasa, emosi, intuisi dan imajinatif sehingga membuat banyak orang tertarik untuk membaca

6. Pakaian Adat

Pakaian adat merupakan contoh terakhir sejarah sebagai seni dalam artikel ini. Pakaian adat merupakan pakaian yang menjadi simbol suatu daerah tertentu. Pakaian tersebut mengandung unsur seni dan unsur sejarah didalamnya. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki pakaian adat masing-masing, pakaian tersebut merupakan warisan sejarah dari pendahulunya/nenek moyangnya zaman dahulu.

                                                                                -  FH-


PENTINGNYA SUMBER SEJARAH BAGI PENELITIAN SEJARAH

 BY. HARNAC contoh sumber sejarah  berupa benda bangunan masjid( gapura menara masjid kudus)           Dalam penelitian dan penulisan sejara...